Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Nasional · 14 Feb 2022 15:28 WIB ·

Yulian Gunhar Mengapresiasi Atas Pendirian Perkumpulan (JAGA)


 Yulian Gunhar Mengapresiasi Atas Pendirian Perkumpulan (JAGA) Perbesar

Aktivitasnusantara.Com –  Anggota Komisi VII  DPR RI, H. Yulian Gunhar, SH.,M.H mengapresiasi atas pendirian perkumpulan Jaga Geothermal Indonesia (JAGA) yang didirikan aktifis dan pegiat sosial di 4 Provinsi Daerah Penghasil Panas bumi; Jawa Barat, Sulawesi Utara, Bengkulu dan DKI Jakarta.

“Saya mendukung Jaga Geothermal Indonesia, sebagai upaya optimalisasi pemanfaatan panas bumi, sebab panas bumi merupakan sumber daya alam terbarukan yang merupakan kekayaan alam bangsa Indonesia, yang berperan penting bagi pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat”. Kata Yulian Gunhar melalui WhatsApp, Senin, (14/2/2022).

Politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan bahwa potensi panas bumi di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia dengan sebesar 11.073 MW dan cadangan sebesar 17.506 MW berada di 331 titik potensi yang tersebar di 30 provinsi.

“Hal ini tentu sangat siginifikan bagi sumber energi berbasis energi terbarukan dimasa depan.” ujar Yulian Gunhar dengan mendukung perkumpulan Jaga Geothermal Indonesia (JAGA).

Saat ini, lanjutnya, pengembangan energi terbarukan di tanah air menjadi suatu keharusan, ini sejalan dengan pernyataan Presiden RI pada saat mengikuti Conference of Parties (COP) 21 di Paris bahwa Indonesia berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca yakni 29 % pada 2030, salah satunya melalui percepatan pengembangan energi terbarukan tegasnya.

“Dengan kehadiran Jaga Geothermal Indonesia, Saya berharap dapat membantu edukasi, sosialiasi dan pendampingan pengusahaan panas bumi di Indonesia, Sehingga, dapat mengurangi resiko sosial dan membantu percepatan pemanfaatan panas bumi bagi kesejahteraan masyarakat, serta membantu menjaga ekosistem lingkungan disekitar area panas bumi.” Saran Yulian Gunhar.

Ditambahkan Agus Nugroho, Juru Bicara Jaga Geothermal Indonesia (JAGA), akan didirikan di 30 Provinsi di Indonesia, selain akan mengawal pemanfaatan tidak langsung panas bumi untuk kepentingan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), juga akan fokus pada pemanfaatan langsung yang juga sudah terbukti bermanfaat bagi masyarakat melalui pengembangan Kawasan wisata air panas bumi.

Diketahui JAGA didirikan oleh Hasanuddin (Jawa Barat), Ari M Karang (Jawa Barat), Mia Kurniawan (Jawa Barat), Deni Rhamdani (Jawa Barat), Agus Nugroho (Sulawesi Utara), Soprian Ardianto (Bengkulu), dan Bambang Sugiharto (DKI Jakarta). (***)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Pembukaan HANI CUP Soppeng 2024, Ketua KONI Soppeng Harap Jadi Wadah Pemberdayaan Potensi Olahraga Futsal

27 Juni 2024 - 12:34 WIB

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Berikut Penjelasan Ariyono Gumay, Terkait Laporan Rahmat Thamrin ke Bawaslu Provinsi

26 Juni 2024 - 15:18 WIB

Intip Keseharian Selebgram Romy Sinaga Yang Juga Seorang Guru Menginspirasi

25 Juni 2024 - 14:58 WIB

Trending di Nasional