Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Advertorial · 16 Nov 2022 21:08 WIB ·

Trapis Anak Berkebutuhan Khusus Di RSKJ Soeprapto Dibekali Pelatihan


					Beberapa terapis di RSKJ Soeprato dibekali ilmu pengetahuan dengan mengikuti pelatihan khusus.(Doc:Adv) Perbesar

Beberapa terapis di RSKJ Soeprato dibekali ilmu pengetahuan dengan mengikuti pelatihan khusus.(Doc:Adv)

Aktivitasnusantara.Com- Guna meningkatkan pelayanan yang prima di lingkungan Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Bengkulu, beberapa terapis di RSKJ Soeprato dibekali ilmu pengetahuan dengan mengikuti pelatihan khusus. Kepala Poli Anak dan Remaja (arema) RSKJ Soeprapto Bengkulu Rita Doveriyanti, SST, M.Kes mengatakan para terapis yang mengikuti pelatihan tersebut merupakan para terapis yang ada di lingkup Poli Arema.

Ia menyebutkan, sebanyak 4 terapis Poli Arema mengikuti pelatihan atau training yang dilaksanakan di Pusat Terapi dan SLB Tuna Grahita C dan Autisma Agcha Center, Bekasi.

Kegiatan tersebut berlangsung selama satu bulan, dengan materi yang diberikan berupa metode terapi Applied Behavior Analysis (ABA).

“Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan SDM terapis menuju pelayanan prima terapi anak berkebutuhan khusus (ABK).

Selain itu, training yang dilakukan selama satu bulan ini dibekali pembelajaran seperi didalam kelas, simulasi terapi ABK, terapi menjadi co host atau pendamping serta pelaksanaan terapis dalam menjalankan terapi ABA,” kata Rita Doveriyanti, SST, M.Kes, Rabu (16/11/2022).

Rita menambahkan, meningkatnya permintaan terapi anak berkebutuhan khsusus di RSKJ Soeprapto Bengkulu saat ini menjadi salah satu alasan pentingnya pengetahuan khusus dalam menangani anak-anak berkebutuhan khusus tersebut.Saat ini, SDM yang ada di Poli Arema RSKJ Soeprapto Bengkulu berjumlah 11 orang. Dari 11 orang tersebut, 4 diantaranya tengah menjalani pelatihan atau training.

Sementara itu, untuk SDM atau terapis yang menangani anak-anak berkebutuhan khusus merupakan SDM pilihan yang memang mempunyai basic di bidang kesehatan dengan mempunyai keterampilan dalam menangani anak-anak. “Untuk para terapis ini adalah mereka yang memiliki latar belakang seperti perawat dan bidan.

Mereka kita latih untuk mendapatkan keterampilan khusus agar dapat melatih anak-anak berkebutuhan khusus dengan menggunakan metode ABA,” tutup Rita. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Akademisi Muda : Duet H. Suwardi Haseng dan Selle Ks. Dalle sangat Ideal di Pilkada Soppeng

22 Juli 2024 - 14:28 WIB

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)
Trending di Bengkulu