Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Advertorial · 25 Nov 2022 16:44 WIB ·

Saat Ini RSKJ Soeprapto Memberikan Pelayanan Terapi Bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus


 RSKJ Soeprato saat ini telah memberikan pelayanan terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus dengan berbagai kondisi.(Doc:My) Perbesar

RSKJ Soeprato saat ini telah memberikan pelayanan terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus dengan berbagai kondisi.(Doc:My)

Aktivitasnusantara.Com- Istilah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) saat ini tak lazim didengar. ABK merupakan anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya mengalami kelainan atau penyimpangan baik fisik, mental, sosial, emosional dan lainnya yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. 25/11/2022.

Saat ini Rumah Sakit Khsusus Jiwa (RSKJ) Soeparato Bengkulu terus memberikan pelayanan yang terbaik terhadap anak-anak yang mengalami kebutuhan khusus. Kepala Poli Anak dan Remaja (arema) RSKJ Soeprapto Bengkulu, Rita Doveriyanti, SST, M.Kes mengatakan pelayanan terapi pada anak berkebutuhan khusus telah dimulai sejak tahun 2006 lalu hingga saat ini.

Ia menambahkan, pelayanan terapi terhadap anak berkebutuhan khusus ini diberikan pada anak dengan berbagai kondisi. Seperti, autis, attention deficit hyperactivity disorder, cerebral palsy, gangguan bicara atau speech delay, gangguan pendengaran dan berbagai kondisi lainnya.

“Jadi RSKJ Soeprato saat ini telah memberikan pelayanan terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus dengan berbagai kondisi, bahkan dalam kondisi kompleks sekalipun,” kata Rita Doveriyanti, SST, M.Kes.


Lebih lanjut disampaikan Rita, pelayanan terapi yang diberikan pada anak-anak berkebutuhan khusus ini ditangani langsung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dan profesional.

Tidak hanya itu, pelayanan terapi ini juga dapat diakses masyarakat maupun orang tua dengan menggunakan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan juga kelas mandiri.

“Untuk SDM yang ada di RSKJ Soeprapto
Bengkulu ini ada psikiater, psikolog, dokter anak, dokter umum, speech terapi, terapi perilaku, ahli gizi dan perawat gigi khusus bagi anak berkebutuhan khusus,” sambungnya.

Sementara dalam pemberian layanan terapi ini, diberlakukan pertemuan dengan sistem terjadwal oleh pihak rumah sakit dan ABK. Sedangkan untuk terapi yang digunakan oleh Poli Arema menggunakan metode terapi Applied Behavior Analysis (ABA) dengan satu terapis untuk satu anak ABK.

“Kita menggunakan metode ABA yang artinya sebuah pendekatan psikologi pendidikan yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran anak- anak dalam spektrum Autisme. Sedangkan kalau untuk pertemuan terapi dilakukan sebanyak 8 kali dalam sebulan dan untuk kelas mandiri dapat dilakukan setiap hari,” tukas Rita. (Adv/My)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Trending di Bengkulu