Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Daerah · 19 Jun 2022 12:50 WIB ·

Rumah di Lebong Selatan Jebol Akibat Hujan Deras Picu Longsor


 Anggota polisi dan warga sedang membersihkan rumah yang terkena longsor. (Doc: Mysr) Perbesar

Anggota polisi dan warga sedang membersihkan rumah yang terkena longsor. (Doc: Mysr)

Aktivitasnusantara.Com-Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Lebong pada Jum’at (17/6/2022) sore sekitar pukul 16.10 WIB memicu terjadinya longsor dan banjir di beberapa titik. Terparah di Desa Sukasari Kecamatan Lebong Selatan. Sedikitnya lima rumah warga di desa tersebut terdampak. Tiga di antaranya mengalami kerusakan. Dinding bagian dapur jebol dihantam material longsor. Diketahui, rumah yang rusak ditempati Dairi (47), Karno (37) dan Dewi (40). Sementara, dua lainnya, milik Marsuki (70) dan Ridwan (48), dimasuki lumpur.

Akibat bencana alam tersebut, kerugian yang diderita ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Beruntung tidak ada korban jiwa. Kapolres Lebong AKBP Awilzan S.IK melalui Kapolsek Lebong Selatan Iptu Soeroso Risdianto SH saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu.

“Selain longsor, luapan air juga menghanyutkan barang dan komoditas hasil panen milik warga. Seperti padi dan kopi,” ungkap Kapolsek.

Ia menambahkan, tak lama setelah kejadian, TNI-Polri, Pemkab Lebong melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) dan OPD terkait lainnya, langsung menuju ke lokasi untuk membantu warga. Termasuk mendirikan posko.

“Mengingat intensitas hujan masih cukup tinggi, kami mengimbau, khususnya kepada warga Lebong Selatan dan sekitarnya, agar mewaspadai longsor dan banjir,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lebong Hendera SSos menuturkan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD tiba di lokasi tak lama setelah kejadian dan ikut bersama-sama warga membersihkan material longsor.

“Ada dua rumah yang kerusakannya cukup parah. Bagian dapur jebol karena dihantam material longsor berupa tanah dan batu,” aku Hendera.(Mysr)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Berikut Penjelasan Ariyono Gumay, Terkait Laporan Rahmat Thamrin ke Bawaslu Provinsi

26 Juni 2024 - 15:18 WIB

Trending di Bengkulu