Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 27 Sep 2022 19:25 WIB ·

Rakor SPBE “Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih”


 Kantor Pemerintah Bengkulu Selatan.(Doc:My) Perbesar

Kantor Pemerintah Bengkulu Selatan.(Doc:My)

Aktivitasnusantara.Com-Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, Dinas Kominfo Bengkulu Selatan menggelar Rakor Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik(SPBE), Selasa (27/09/2022).

Dalam rakor ini disampaikan pentingnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sebagai sarana meningkatkan kinerja birokrasi yang difokuskan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada pada instansi pemerintah, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih efektif dan efisien.

Namun pada rakor SPBE yang diinisiasi Dinas Kominfo BS itu beberapa para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan ini mengaku terkendala dengan pendanaan dan SDM untuk tenaga ITE dalam penerapannya.

Sementara itu Sekdakab BS Sukarni Dunip mengatakan, terkait beberapa kendala yang dihadapi dalam menunjang pengaplikasian Sistem Pemerintah Berbasis Eletronik ini kedepannya Pemerintah Bengkulu Selatan akan mencari solusi terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan berbasis SPBE.

“Kita mendukung penuh program ini. Akan tetapi masih banyak kendala yang dihadapi, termasuk keterbatasan pendanaan dan SDM yang ada. Namun kedepannya kita berharap di Bengkulu Selatan sistem ini akan berjalan dan terintegrasi dengan baik antar OPD hingga ke desa,” kata Sukarni Dunip.

Sementara itu Kadis Kominfo Ir. Susmanto, M.M menyampaikan, bahwa dalam Grand Design Reformasi Birokrasi Pemerintahan menargetkan tiga sasaran utama. Yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan pelayanan publik.

“Reformasi Birokrasi menargetkan terlaksananya transformasi birokrasi dalam sistem pemerintahan. Ada 3 poin penting yaitu transformasi organisasi yang diwujudkan dengan delayering eselonisasi, transformasi Sumber Daya Manusia melalui penguatan sumber daya kerja dan peningkatan kapasitas SDM pemerintah serta transformasi sistem kerja melalui penerapan digital governance SPBE,” jelas Sumanto.

Dalam rapat koordinasi antar OPD tersebut dinas Kominfo BS juga mensosialisasikan terkait Persandian dan Keamanan Informasi serta Bimtek mengenai pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik untuk seluruh pejabat Eselon IV, III dan II dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan. (My)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Pembukaan HANI CUP Soppeng 2024, Ketua KONI Soppeng Harap Jadi Wadah Pemberdayaan Potensi Olahraga Futsal

27 Juni 2024 - 12:34 WIB

Trending di Nasional