Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 15 Mei 2023 12:58 WIB ·

PT Inmas Abadi Gelar Konsultasi Publik Begini Penjelasan CEOnya


					Suwanto Sutono CEO PT. Inmas Abadi. (Doc:Tw07) Perbesar

Suwanto Sutono CEO PT. Inmas Abadi. (Doc:Tw07)

Aktivitasnusantara.Com- Perusahaan Tambang Batubara PT Inmas Abadi menggelar konsultasi publik terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) bersama masyarakat Desa Suka Maju dan Suka Baru, Kecamatan Marga Sakti Sebelat, Kabupaten Bengkulu Utara,Provinsi Bengkulu, Pada jumat (12/5/2023) kemarin.

Kegiatan yang diadakan PT Inmas Abadi di aula kantor Desa Suka Baru ini, dalam rangka untuk meminta pandangan dan mendengarkan aspirasi dari masyarakat desa setempat secara langsung, guna proses penyusunan dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) perusahaan tambang tersebut.

Dalam kesempatan itu, pihak PT Inmas Abadi yang dihadiri langsung oleh, CEO PT. Inmas Abadi Suwanto Sutono, menyatakan bila perusahaan mereka sangat terbuka atas semua masukan dan saran dari masyarakat, mengingat saat ini pihaknya belum beroperasi, tentu perlu adanya koordinasi yang baik dengan warga yang terdampak langsung maupun tidak.

Turut hadir dalam acara, management PT Inmas Abadi, Tim Konsultan Amdal, perwakilan DLHK Provinsi Bengkulu, DLHK Bengkulu Utara, perwakilan Camat Putri Hijau, Kepala Desa Suka Baru, Edi Putra Jaya, Kepala Desa Suka Maju, Kapolsek Putri Hijau, anggota Babinsa, ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan perwakilan masyarakat desa yang berada di wilayah pertambangan.

Tak hanya menampung aspirasi warga setempat, kegiatan ini juga berlanjut dengan penunjukan wakil masyarakat sebagai anggota Komisi, untuk analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) rencana kegiatan usaha PT. Inmas Abadi, sesuai dengan pedoman pada peraturan pemerintah republik Indonesia No 22 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Dan permanen LHK nomor 17 tahun 2012 tentang pedoman keterlibatan masyarakat dalam proses analisis dampak lingkungan hidup, dan izin lingkungan.

Suwanto Sutono CEO PT. Inmas Abadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pihaknya sangat terbuka terhadap semua masukan dan saran dari masyarakat. Kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan masyarakat.

Selain itu, agar masyarakat mendapatkan informasi mengenai rencana usaha kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan, dan sebagai bentuk transparansi kegiatan perusahaan terhadap masyarakat.

Masyarakat kata Suwanto Sutono, dapat menyampaikan saran, pendapat, ataupun tanggapan atas rencana usaha PT Inmas Abadi dan akan dimasukan ke dalam pembahasan dokumen AMDAL.

“Kami sangat terbuka, dan kami juga berupaya bagaimana pihak PT Inmas Abadi dan masyarakat bisa berkesinambungan, perusahaan kami, sampai titik ini belum melakukan operasi bisa dicek ke lokasi-lokasi penambangan kami, belum ada aktivitas sama sekali seperti yang di isukan.

Kami disini akan mulai kerja setelah semua prosedur dan syarat-syarat penambangan telah selesai, dan untuk di lokasi ini kita hanya akan melakukan aktivitas penambangan di 12-15 hektar, karena lokasi inilah yang terdapat kandungan baru, selain memenuhi syarat dan untuk masyarakat telah mendapatkan pergantian untung,” sampainya.

Dijelaskan Suwanto Sutono, ketika pihaknya sudah bisa beroperasi, tentu permintaan masyarakat akan dipenuhi, mulai dari pembangunan sumur bor di dalam dusun air kuro, pembuatan jembatan, karyawan berasal dari SDM lokal dengan syarat memenuhi kriteria sesuai dengan syarat yang dibuat oleh pihak PT Inmas Abadi, dan akan membuat Training Center, dimana di sana akan ada aktivitas pembekalan para SDM untuk bisa menjadi pekerja.

“Kemudian pembuatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sehingga bisa dibuatkan kantin, tentu semuanya melibatkan pihak desa dan sejauh ini koordinasi sangat baik dengan pihak desa dan masyarakat, karena kita disini duduk bersama dan mencari solusi terbaij, tidak ada unsur pemaksaan untuk mendukung maupun hal apapun untuk PT Inmas Abadi,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Desa Suka Maju dan Suka Baru kompak memastikan bahwa pihak Desa bersama masyarakat dan pemerintah desa setempat mendukung penuh atas rencana aktivitas yang akan dilaksanakan oleh PT Inmas Abadi.

“Kita dukung kegiatan yang akan dilakukan oleh perusahaan. Dengan harapan, apa yang menjadi tuntutan dan usulan dari masyarakat serta desa kepada perusahaan kedepannya bisa dijalankan, dan PT Inmas Abadi ini adalah solusi terbaik untuk menunjang pembangunan insfratruktur diwilayah desa ini,” tegas Kades Suka Maju. (Tw07)

Artikel ini telah dibaca 148 kali

Baca Lainnya

Akademisi Muda : Duet H. Suwardi Haseng dan Selle Ks. Dalle sangat Ideal di Pilkada Soppeng

22 Juli 2024 - 14:28 WIB

Masalah Honorer dan KJP, Heru Budi Dibela Jaringan Pemuda Jakarta

21 Juli 2024 - 20:12 WIB

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Trending di Bengkulu