Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 9 Des 2022 12:28 WIB ·

Pengesahan KUHP untuk Kepentingan Masyarakat


					Elfahmi Lubis, S.H., M.Pd., C.Med., C.NSP.(Doc:My) Perbesar

Elfahmi Lubis, S.H., M.Pd., C.Med., C.NSP.(Doc:My)

Aktivasnusantara.Com-Terkait pengesahan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) mendapat tanggapan Akademisi Universitas Muhamaddiyah Bengkulu (UMB), Elfahmi Lubis, S.H., M.Pd., C.Med., C.NSP, Senin 9 Desember 2022.

Elfahmi Lubis mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik lahirnya KUHP baru made in Indonesia. “Sudah waktunya Indonesia itu sudah memiliki KUHP versi bangsa sendiri dan diambil atau digali dari nilai-nilai dan kultur bangsa kita sendiri”, sebut Elfahmi Lubis dalam video terstimoni yang diambil Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Milenial.

Lanjut Elfahmi, berkaitan dengan telah disahnya RKUHP menjadi Undang-Undang oleh DPR RI, maka secara resmi juga Indonesia mulai saat ini memiliki KUHP baru, menggantikan KUHP lama peninggalan kolonial Belanda. 

“Untuk itu mari kita menyabut baik lahirnya KUHP baru ini, yang kita harapkan dapat mengakomodir semua kepentingan masyarakat”, ujar Elfahmi

Menurut Elfahmi Lubis, melalui kehadiran KUHP baru ini diharapkan mampu mengatasi beberapa kekosongan hukum terkait pengaturan tentang tindak pidana. Namun juga, pihaknya mengatakan bagi masyarakat jika ada yang merasa keberatan terhadap KUHP yang baru ini, sudah ada mekanisme hukumnya, dengan mengajukan Yudisial Review ke Mahkamah Konstitusi setelah KUHP baru ini resmi diundangkan dan dicatat di lembaran negara.

“Kita berharap dengan kehadiran KUHP baru ini benar-benar mampu mengatasi beberapa kekosongan hukum terkait pengaturan tentang tindak pidana. Tapi terlepas dari itu semua, silahkan kita berbeda pendapat, berbeda pandangan dan berbeda sikap terkait dengan keberadaan KUHP baru, tapi yang pasti kita saat ini sudah memiliki KUHP baru”, pungkas Elfahmi Lubis. (My)

Artikel ini telah dibaca 50 kali

Baca Lainnya

Akademisi Muda : Duet H. Suwardi Haseng dan Selle Ks. Dalle sangat Ideal di Pilkada Soppeng

22 Juli 2024 - 14:28 WIB

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)
Trending di Bengkulu