Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 11 Nov 2022 17:40 WIB ·

Pembangunan IKN Harus Didukung Seluruh Elemen Masyarakat


 Zoom Meeting, tema IKN Nusantara Potensial Dalam Membangun Kemajuan Peradaban.(Doc:My) Perbesar

Zoom Meeting, tema IKN Nusantara Potensial Dalam Membangun Kemajuan Peradaban.(Doc:My)

Aktivitasnusantara.Com-Pembangunan IKN terus berproses, IKN Nusantara membutuhkan dukungan seluruh masyarakat Indonesia. dan perlu ada pemahaman yang kuat ke masyarakat mengenai Ibukota negara baru, demikian disampaikan oleh Dr. Faris Alnizar.,M.Hum (Dosen Humaniora UGM) dalam Zoom Meeting, tema IKN Nusantara Potensial Dalam Membangun Kemajuan Peradaban, yang diselenggarakan oleh Harmoni Muslim Nusantara, Jumat (11/11/2022).

“Dukungan masyarakat dan para tokoh juga diperlukan mengingat potensi besar yang ada selama proses Pembangunan Ibukota Baru. Edukasi kepada masyarakat dibutuhkan dalam hal literasi terkait teknologi dan informasi mengenai Ibukota Negara yang baru. Jangan sampai konsep smart city yang dicanangkan tidak berjalan baik hanya karena kualitas manusianya yang kurang memahami teknologi”

Pembangunan Ibukota Baru bisa belajar dari pengalaman ibukota saat ini terkait perkembangan jalan tol, saluran air dan infrastruktur lainnya yang memadai. Kemudahan moda transportasi di ibukota yang sekarang bisa memberikan gambaran yang mungkin bisa diterapkan Ketika ibukota baru dibangun. Banyak hal yang mungkin terjadi dalam pembangunan Ibukota Baru. Segala teknologi dapat dikembangkan demi menunjang pembangunan smart city yang diharapkan.

“Konsep hijau dalam pembangunan IKN dapat diibaratkan tidak menebang pohon tapi mencabutnya. Dari sisi ekologis dalam konsep forest city yang utama tidak mengganggu alam” demikian lanjutnya.

Pembangunan IKN tidak hanya terfokus pada tiga aspek namun juga harus menyentuh aspek kebudayaan dan aspek sensitif lainnya. Secanggih apapun sebuah kota (smart city) jika tidak dibarengi dengan kualitas masyarakatnya maka semua yang diharapkan tidak akan terwujud dengan baik. Harapan pembangunan IKN saat ini berada pada Pemerintah yang akan mewujudkannya.(My)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Pembukaan HANI CUP Soppeng 2024, Ketua KONI Soppeng Harap Jadi Wadah Pemberdayaan Potensi Olahraga Futsal

27 Juni 2024 - 12:34 WIB

Trending di Nasional