Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Nasional · 24 Agu 2023 01:58 WIB ·

Nadhil,Peran Penting Milenial Dan Gen Z pada Pemilu 2024 Menuju Indonesia Emas dan Harmonis


 Nadhil Novarel Mathari, Ketua Galang Kemajuan Dakwah. (Doc:Tw07) Perbesar

Nadhil Novarel Mathari, Ketua Galang Kemajuan Dakwah. (Doc:Tw07)

Jakarta,Aktivitasnusantara.Com-Partisipasi politik generasi milenial dan Gen Z dalam Pemilu 2024 memiliki potensi untuk mengubah dinamika politik tradisional. Meski dihadapkan pada berbagai tantangan, harapan akan perubahan positif melalui kreativitas, edukasi, dan keterlibatan dalam gerakan sosial tetap terbuka.

Untuk mewujudkan perubahan ini, perlu adanya kerja sama antara pemerintah, institusi pendidikan, dan masyarakat secara keseluruhan untuk memberikan dukungan dan ruang bagi generasi muda dalam berpartisipasi aktif dalam proses politik.

Sebanyak 66.822.389 atau 33,60% pemilih dari generasi milenial, Sedangkan pemilih dari generasi Z adalah sebanyak 46.800.161 pemilih atau sebanyak 22,85% dari total DPT Pemilu 2024. Kedua generasi ini mendominasi pemilih Pemilu 2024, yakni sebanyak 56,45% dari total keseluruhan pemilih.

Menurut Nadhil Novarel Mathari, Ketua Galang Kemajuan Dakwah Mengatakan “Generasi milenial dan Gen Z dikenal sebagai digital native, tetapi informasi yang berlimpah di dunia maya tidak selalu merujuk pada informasi yang akurat.

Berita palsu (hoaks) dan filter bubble (pemilihan informasi sesuai dengan preferensi) dapat menyebabkan kebingungan politik dan pemahaman yang dangkal mengenai isu-isu terkini”

“Generasi milenial dan Gen Z memiliki daya kreativitas yang tinggi dalam menggunakan media sosial dan teknologi. Mereka dapat mengubah cara kampanye politik dilakukan, menghasilkan pesan-pesan yang lebih segar dan relevan bagi sesama generasi mereka.

Dengan memanfaatkan platform digital, generasi milenial dan Gen Z dapat menyebarkan informasi yang akurat, mengedukasi rekan sebaya tentang proses politik, dan membantu mengurai kompleksitas isu-isu politik”.

Kenyataan di lapangan sering kali gagasan dan pendapat generasi milenial dan Gen Z tidak di dengar oleh senior atau generasi yg lebih tua dan tetap menggunakan cara cara yg dulu, seperti menggunakan hate speech, money politic dan polarisasi agama.
Sedangkan milenial dan gen z lebih mengedepankan saya sebut “Politik Tongkrongan” yang artinya kenal banyak teman lebih baik walaupun adanya perbedaan gagasan dan ide-ide pemikiran pemuda dan tidak membatasi pemikiran-pemikiran kritis.

Kita melihat dari organisasi mahasiswa dan organisasi intra-extra kampus dan lain nya pada saat ini kebanyakan membudayakan pola pola berpolitik seniornya. Semangat gotong royong dan musyawarah sering diabaikan, Sudah saatnya merubah itu semua.”

Pemilu 2024 merupakan kesempatan bagi anak muda Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keberagaman, menghindari polarisasi agama, dan memerangi hate speech. Peran mereka sebagai agen perubahan dan perekat sosial tidak boleh diabaikan.

Melalui pendidikan politik yang baik dan penggunaan teknologi yang cerdas, mereka memiliki potensi untuk menciptakan perubahan positif dalam dinamika Pemilu dan mengukir masa depan yang lebih harmonis bagi Indonesia. (Tw07)

Artikel ini telah dibaca 155 kali

Baca Lainnya

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Pembukaan HANI CUP Soppeng 2024, Ketua KONI Soppeng Harap Jadi Wadah Pemberdayaan Potensi Olahraga Futsal

27 Juni 2024 - 12:34 WIB

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Berikut Penjelasan Ariyono Gumay, Terkait Laporan Rahmat Thamrin ke Bawaslu Provinsi

26 Juni 2024 - 15:18 WIB

Trending di Bengkulu