Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 27 Jun 2024 18:30 WIB ·

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia


					Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia Perbesar

KBRN, Bengkulu: Kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) merupakan kelompok masyarakat yang sangat rentan menghadapi berbagai risiko ketika terjadi bencana alam, baik banjir, tanah longsor, gempa bumi maupun bencana lainnya. Keterbatasan fisik dan penurunan daya respon membuat lansia kerap terhambat dalam hal fisik.

Risiko juga semakin tinggi karena pengaruh penurunan mental maupun sosial yang dialami oleh lansia. Sehingga lansia menjadi pihak yang perlu diedukasi secara khusus dan intensif.

Foto bersama

Atas hal ini, fakultas Himpunan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Fisip Universitas Bengkulu bersama NU Care Lazisnu melakukan edukasi mitigasi bencana di Kabupaten Bengkulu Tengah (26/6/24). Hal itu karena Bengkulu Tengah merupakan wilayah rawan bencana.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB; 2019) mencatat korban jiwa meninggal sebanyak 24 orang dan 10 orang hilang. Serta 44 rumah rusak dan 125 rumah terendam, 5 sekolah rusak dan 4 sekolah terendam, serta 5 ruas jalan terendam dan 1 sarana perikanan rusak berat.

Sasaran pelatihan tersebut berjumlah 50 orang, terdiri dari warga dan kader posyandu lansia. Dalam pelatihan yang dibuka oleh Sekretaris Desa Susup Ilmi Haza , sementara materi mitigasi bencana alam bagi lansia oleh anggota Taruna Siaga Bencana di Provinsi Bengkulu Fahmi dan Arlis.

Ketua tim pengabdian kepada masyarakat Unib Yesiria Ossila menyampaikan bahwa kegaiatan dilakukan sebagai tindak lanjut perjanjian kerja sama antara FISIP Universitas Bengkulu dengan Pemerintahan Desa Susup. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kesiapsiagaan pemerintah Desa Susup dan masyarakat, khususnya warga lanjut usia dalam menghadapi kemungkinan bencana alam yang terjadi.

Kesiapsiagaan ini nantinya bisa menjadi bahan penyusunan menajamen risiko bagi warga lanjut usia di daerah rawan bencana. Sehingga bisa menekan resiko yang ditimbulkan jika suatu waktu terjadi bencana.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Akademisi Muda : Duet H. Suwardi Haseng dan Selle Ks. Dalle sangat Ideal di Pilkada Soppeng

22 Juli 2024 - 14:28 WIB

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Trending di Bengkulu