Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 14 Nov 2022 10:53 WIB ·

Longsor Di Lebong Dan Kaur, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Minta BPBD Siaga


 Petugas BPBD Kabupaten Lebong saat memantau jalan yang longsor di Lebong. (Doc:My) Perbesar

Petugas BPBD Kabupaten Lebong saat memantau jalan yang longsor di Lebong. (Doc:My)

Aktivitasnusantara.Com-Akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berdurasi lama, yang terjadi beberapa waktu ini menyebabkan sejumlah daerah mengalami bencana hidrometeorologi, longsor.

Terbaru, terjadi losngsor di Kabupaten Lebong, tepatnya di jalan lintas Uram Jaya menuju Muning Agung Kecamatan Uram Jaya Kabupaten Lebong. Menyebabkan akses jalan penghubung antar kecamatan putus total. 

Lalu longsor di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera Bengkulu-Lampung di Kecamatan Maje Kaur membuat akses lalu lintas tersendat.

Mrespon bencana longsor di dua kabupaten, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta seluruh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik BPBD Provinsi Bengkulu maupun kabupaten kota untuk bersiaga. 

Serta berkoordinasi dengan Dinas PUPR, termasuk dengan Balai Pengelolaan Jalan Nasional Wilayah Sungai VII. Secara bersama-sama untuk memobilisasi alat berat. 

“Secara bersama-sama bagaimana memobilisasi alat berat, sesuai dengan wilayah, dan kita juga minta dukungan dari pihak swasta, perusahaan, yang memiliki alat berat,” kata Rohidin, Minggu (13/11/2022). 

Hal itu dilakukan untuk mempercepat evakuasi kondisi jalan, yang aksesnya terputus akibat adanya longsor. Seperti di Kabupaten Lebong dan Kaur.

Selain itu, ia juga meminta agar OPD terkait bertindak cepat untuk antisipasi dampak dari bencana hidrometreologi ini. 

“Perusahaan, yang memiliki alat berat di lapangan baik itu perkebunan, pertambangan. Untuk bersama sama bersinergi, bersama-sama bekerjasama bila terjadi bencana longsor, dan lain sebagainya. Secara bersama-sama untuk melakukan tindakan di lapangan,” jelas Rohidin. 

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geografi (BMKG) Fatmawati Bengkulu, untuk tiga hari ke depan wilayah Bengkulu akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dengan durasi bervariasi, hingga berdurasi lama.

Prakiraan cuaca ini terjadi di seluruh wilayah kabupaten/kota. 

“Juga kepada masyarakat, untuk meningkatkan kesiapsiagaan, kehati-hatian dalam situasi seperti ini (musim hujan, red),” imbuh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.(My)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Trending di Bengkulu