Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 27 Nov 2023 15:13 WIB ·

KPID Bengkulu dan Pemprov Bengkulu Raih Penghargaan dari KPI Pusat


 Penghargaan kedua di raih oleh KPID Provinsi Bengkulu pada kategori Penghargaan KPID Inovatif Kolaboratif. (Doc:Tw07) Perbesar

Penghargaan kedua di raih oleh KPID Provinsi Bengkulu pada kategori Penghargaan KPID Inovatif Kolaboratif. (Doc:Tw07)

Aktivitasnusantara.Com-Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menggelar acara Anugerah KPI 2023 di Ayana Midplaza Jakarta di Jalan Jenderal Sudirman, Kav. 10-11 Jakarta Pusat, Minggu 26 November 2023 malam.

KPI Award adalah ajang pemberian penghargaan terhadap program acara televisi dan radio serta lembaga penyiaran yang kredibel. Tahun ini tema yang di angkat adalah Eco Broadcasting sebagai bentuk kepedulian lembaga penyiaran terhadap lingkungan.

Dalam acara tersebut terdapat 25 kategori penghargaan untuk televisi, radio, KPI Daerah, Pemerintah Daerah, dan lifetime achievement awards.

Dalam hal ini Provinsi Bengkulu berhasil mendapatkan penghargaan sekaligus dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat.

Penghargaan pertama di raih Pemerintah Provinsi Bengkulu (Pemprov Bengkulu dan DPRD Bengkulu) pada kategori Penghargaan Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran.

Penghargaan kedua di raih oleh KPID Provinsi Bengkulu pada kategori Penghargaan KPID Inovatif Kolaboratif.

Ketua KPID Provinsi Bengkulu Albertce Rolando Thomas, S. Sos menyebut sejak KPID Bengkulu di bentuk dua penghargaan ini merupakan yang pertama bagi KPID Bengkulu dan juga untuk Pemprov Bengkulu.

Ini merupakan bentuk kolaborasi semua komponen baik Pemprov Bengkulu, DPRD Bengkulu, Lembaga Penyiaran, Asosiasi, Kampus, dan gerakan Civil Society yang mendukung KPID Bengkulu dalam melakukan kerja-kerja Inovatif dalam mengawasi mata dan telinga masyarakat Bengkulu.

“Penghargaan ini memacu kami untuk terus melakukan inovasi dan kolaborasi demi menjaga siaran yang sehat serta berkualitas bagi masyarakat Provinsi Bengkulu,” kata Albertce.

Ia menambahkan bahwa Pemprov Bengkulu mendapatkan penghargaan karena dinilai peduli pada dunia penyiaran yang ada di Provinsi Bengkulu.

Ini ditandai dengan dukungan anggaran kepada KPID Provinsi Bengkulu tahun 2023 naik dua kali lipat dari anggaran tahun sebelumnya. Anggaran tersebut merupakan anggaran yang cukup besar walaupun bukan yang terbesar se-Indonesia.

“Anggaran KPID 2023 ini merupakan anggaran yang paling besar sejak tahun 2017”, kata Albertce

Selain itu, fasilitas yang dilakukan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu kepada KPID Bengkulu juga sangat bagus.

Artinya, setiap kegiatan KPID Bengkulu selalu didukung oleh Pemprov dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD).

“Ini bentuk dukungan dan sekaligus bermakna kolaborasi antara pemerintah daerah, KPID, dan dunia penyiaran,” tuturnya.

KPID Bengkulu di anggap mampu mengkolaborasikan berbagai pihak dengan stakeholder terkait baik itu dunia penyiaran, pemerintah daerah maupun pihak-pihak lain.

Utamanya untuk berbicara isu-isu kepemiluan dengan menggandeng KPU dan BAWASLU Provinsi Bengkulu. Kemudian kolaborasi juga dilakukan dengan BPOM dan Badan Narkotika Provinsi dalam mengawasi iklan-iklan obat yang tidak mencerdaskan atau cenderung menjerumuskan atau menyesatkan masyarakat.

Di samping itu, KPID Bengkulu juga sering membuat kegiatan kemasyarakatan terutama selama 2 tahun terakhir dengan bertemu langsung dengan masyarakat melakukan literasi media dan didukung oleh OPD-OPD di Bengkulu.

Banyak lagi terobosan-terobosan lain yang dilakukan KPID Provinai Bengkulu periode 2022-2025 yang di ketuai Albertce Rolando Thomas.

KPID Bengkulu menginisiasi melakukan MoU terhadap LPS Radio yang ada di Provinsi Bengkulu dengan BUMN/D yang ada di Bengkulu.

MoU ini di harapkan dapat saling menerima manfaat antara LPS Radio dan BUMN/D yang ada di Bengkulu, sehingga dengan MoU tersebut LPS Radio dapat terbantukan dalam tumbuh kembangnya.

Inovasi lainnya KPID Bengkulu berkolaborasi dengan Polresta Bengkulu, Korem Bengkulu dan Pemerintah Kota Bengkulu untuk melibatkan Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Lurah se-Kota Bengkulu dalam acara Sosialisasi ASO dan Sosialisasi Penyiaran Pemilu 2024.

Yang baru lainnya KPID Bengkulu melakukan kegiatan Akbar yang diberi nama “GEBYAR LITERASI NUSANTARA 2023” dimana acara tersebut mendapatkan Rekor MURI dengan peserta literasi terbanyak lebih dari 15 ribu peserta. Dalam kegiatan tersebut KPID Bengkulu juga berkolaborasi dengan Pemprov Bengkulu, KPU, Bawaslu, Kemenag Provinsi Bengkulu, Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, Bank Bengkulu serta masyarakat umum.

Albertce mengatakan, penghargaan ini sebuah pengakuan dan sebuah tonggak untuk lebih memacu semangat ke depan bukan justru membuat kendor.

“Menurut saya prestasi ini tidak lepas dari partisipasi dan kemauan semua pihak untuk berkolaborasi dengan dunia penyiaran yang tentu saja tujuan akhirnya adalah keadilan, pemerataan, keadilan informasi, kemudian juga hak-hak publik tentang informasi yang baik dan benar sesuai dengan hak asasi manusia”.

“Selain itu untuk membangun ketahanan budaya, pertahanan informasi masyarakat, dan juga agar masyarakat mendapatkan informasi dan hiburan yang sehat,” tuturnya.

“Jadi ketika semua berkolaborasi mudah-mudahan arah dan tujuan serta sasaran ke sana itu lebih mudah dan cepat tercapai,” ujarnya berharap. (Tw07)

Artikel ini telah dibaca 48 kali

Baca Lainnya

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Pembukaan HANI CUP Soppeng 2024, Ketua KONI Soppeng Harap Jadi Wadah Pemberdayaan Potensi Olahraga Futsal

27 Juni 2024 - 12:34 WIB

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Trending di Bengkulu