Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu Selatan · 26 Feb 2022 15:40 WIB ·

Kosongnya Persediaan Darah Ditempat Penyimpanan Akan Berdampak Kerusakan Alat Penyimpanan Darah


 Kosongnya Persediaan Darah Ditempat Penyimpanan Akan Berdampak Kerusakan Alat Penyimpanan Darah Perbesar

Aktivitasnusantara.Com – Kosongnya persediaan darah yang ada ditempat penyimpanan (Bank Darah) milik Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah (RSUD-HD) kota Manna Bengkulu Selatan sangat dikhawatirkan akan berdampak pada kerusakan alat penyimpanan (Bank Darah) dan kantong darah yang ada akan menjadi ekspayer (expired) alias kedaluwarsa.

Sehingga kalau kantong darah yang ekspayer itu tetap dipaksakan untuk digunakan maka darah yang akan disimpan bisa-bisa terserang bakteri yang ada dikantong tempat penyimpanan darah, kata Plt Direktur RSUD HD kota Manna, dr Deby Utomo kepada wartawan belum lama ini.

Untuk menjaga kualitas alat (Bank Darah) dan pemanfaatan kantong penyimpanan darah yang ada di RSUD HD kata dokter Deby, diharapkan kepada Bupati BS Gusnan Mulyadi untuk dapat menghimbau kepada para ASN dilingkungan Pemkab Bengkulu Selatan untuk mendonorkan darahnya pada acara Gebiar Donor Darah yang akan dilaksanakan PMI BS pada Selasa (02/03/2022) mendatang.

“Kami sangat berharap kepada kawan-kawan ASN untuk mendonorkan darahnya. Sebab kalau Bank Darah kita tidak terpakai maka saya khawatir rusak, dan apabila ribuan kantong donor darah tidak digunakan maka akan kedaluwarsa. Pada saat akan digunakan bakteri yang ada didalam kantong penyimpanan tersebut akan mempengaruhi kebersihan stok darah yang disimpan itu sendiri, jika kantong sudah tidak layak lagi pakai,” terang Plt Direktur.

Dengan berdonor darah, kesehatan masyarakat juga akan semakin baik, imbuhnya.

Karena darah ini sangat penting sekali dan kebutuhan darah di rumah sakit sangat tinggi lanjut direktur, maka diharapkan kepada ASN dan Masyarakat untuk menyumbangkan darahnya.

Apalagi sekarang dengan adanya Covid-19 kebutuhan darah cukup meningkat, demikan dr Deby Utomo.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Berikut Penjelasan Ariyono Gumay, Terkait Laporan Rahmat Thamrin ke Bawaslu Provinsi

26 Juni 2024 - 15:18 WIB

Trending di Bengkulu