Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 20 Jul 2022 17:01 WIB ·

Kopi Bengkulu Rambah Negeri Jiran Malaysia


 Kopi Bengkulu Rambah Negeri Jiran Malaysia Perbesar

Aktivitasnusantara.Com-Kopi Asli Bengkulu saat ini telah merambah ke negeri Jiran Malaysia.

Setidaknya telah berdiri 4 outlet Bencoolen Coffee di negeri Malaysia dengan menyediakan kopi Bengkulu jenis Fine Robusta.

Menurut pemilik outlet Bencoolen Coffee Mohammad Fazlin, outlet Bencoolen Coffee berdiri pertamakali pada tahun 2019 yang ditandai dengan perjanjian kerjasama antara dirinya dengan pengusaha kopi di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu dan kopi Bengkulu sangat diminati di Malaysia, maka dirinya kembali mendirikan outlet lainnya.

“Kami berencana ingin menambah kembali outlet kopi Bengkulu di Malaysia, untuk itu kami ingin bertemu gubernur Bengkulu guna mendapatkan support untuk program selanjutnya,” ujar Fazlin, saat audiensi dengan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, di Balai Raya Semarak Bengkulu, Rabu (20/7).

Dirinya mengakui, kopi asli Bengkulu sangat unik dan memiliki citarasa tinggi sehingga sangat digemari warga Malaysia.

Dari 4 outlet kopi Bengkulu yang didirikan tersebut, ia mengakui dapat keuntungan hingga miliaran rupiah dengan menjual kopi Bengkulu baik berupa minuman maupun bubuk kopi.

“Kami berharap Kopi Bengkulu ini dapat terus dikembangkan dan target kami di tahun 2023 nanti telah berdiri 14 outlet Kopi Bengkulu di berbagai wilayah di Malaysia,” sebut Fazlin, yang merupakan warga asli Malaysia.

Selain itu, sebagai promosi dirinya bersama rekan-rekannya yang telah membentuk group perusahaan juga akan menjual berbagai produk asli dari Provinsi Bengkulu.

Menyikapi hal itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan untuk terus mendukung usaha kopi Bengkulu tersebut.

Sebagai pimpinan daerah dirinya berencana untuk hadir dalam pembukaan outlet baru di Malaysia pada bulan Oktober nanti.

“Kita memang berencana untuk terus mengembangkan Kopi Bengkulu di negeri tetangga kita Malaysia,” tutur Gubernur Rohidin, usai menerima audiensi.

Menurutnya, dengan berkembangnya usaha kopi Bengkulu di negara lain dapat mengangkat citra kopi Bengkulu.

“Target kita, ini dapat menjadi pintu promosi barang daerah dalam menjual produk daerah,” ujarnya.

Sebagai bentuk support pemerintah daerah, jelasnya, dengan memastikan ketersediaan bahan baku yang memliki standar kualitas serta ketersediaan Sumber Daya Manusia-nya yang profesional dalam pengolahan kopi terebut.

“Kita sama-sama promosikan, karena kerjasama seperti ini sangat penting antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha yang ada di Malaysia,” sebutnya.

“Sekali lagi ini menjadi semangat baru untuk mengembangkan komoditas Bengkulu dalam konteks pendekatan pasar yang lebih riil,” pungkasnya.(My07)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Giti Ajeng Prayudi Perempuan Menginspirasi Simak Selengkapnya

24 Mei 2024 - 22:08 WIB

Model Kembar Giti Ajeng Prayudi Mengaku Kini Merambah Kedunia Acting

24 Mei 2024 - 21:01 WIB

Giti Ajeng Prayudi Selebgram Cantik Asal Magetan Jawa Timur

24 Mei 2024 - 20:40 WIB

Romio Parnandes Sayangkan Statement Bupati Lebong Tolak Aktivitas Hauling PT.JAMBI RESOURCES !!

21 Mei 2024 - 11:46 WIB

Fahriyan Eko Santosa Siap Tempuh Jalur Hukum Berikut Klarifikasinya

10 Mei 2024 - 20:04 WIB

Helmi Hasan Asal Lampung Tak Kuat Lagi di Bengkulu!! Warga Beralih Ke Dempo

10 Mei 2024 - 13:06 WIB

Trending di Bengkulu