Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 16 Sep 2022 07:42 WIB ·

Kementan Tingkatkan Indeks Pertanaman dan Produksi Padi Dengan Benih Super Genjah


 Direktorat Jenderal Tanaman Pangan memberikan bantuan benih padi sangat genjah varietas Cakrabuana sebanyak 2,5 ton.(Doc:My) Perbesar

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan memberikan bantuan benih padi sangat genjah varietas Cakrabuana sebanyak 2,5 ton.(Doc:My)

Aktivitasnusantara.Com-Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan produksi tanaman pangan khususnya padi melalui perbaikan sistem budidaya dan pemanfaatan teknologi yang tepat, salah satunya dengan penggunaan benih padi super genjah. Sesuai arahan menteri pertanian SYL, untuk mengantisipasi kelangkaan pangan akibat dampak cuaca ekstrim global, perlu dilakukan upaya yang luar biasa melalui terobasan baru dan perlunya keterlibatan semua pihak agar berkontribusi terhadap upaya pencapaian ketahanan pangan.

Kepala Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (PPMBTPH), Warjito menyebutkan pertanian sangat penting dalam rangka penyediaan pangan bagi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia. Penghargaan yang diberikan IRRI (International Rice Research Institute) kepada pemerintah Indonesia atas keberhasilannya mencapai swasemba beras, tidak terlepas berkat dukungan para petani  yang terus bersemangat meningkatkan produksi dalam rangka penyediaan pangan bagi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia.

“Saya Direktorat Jenderal Tanaman Pangan memberikan bantuan benih padi sangat genjah varietas Cakrabuana sebanyak 2,5 ton untuk luasan 100 hektar. Benih ini adalah label ungu, silahkan ditanam dan dikawal oleh PPL (penyuluh pertanian lapang) serta PBT (pengawasa benih tanaman) untuk disertifikasi dan dijadikan benih kembali sehingga kebutuhan benih sangat genjah di kecamatan Jekulo ini bisa tercukupi,” kata Warjito pada acara Farm Field Day di Desa Sidomulyo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, kemarin Rabu (14/9/2022).

Kegiatan farm field day ini diawali panen padi varietas Inpari 32 seluas 100 hektar. Farm field day dihadiri dari  Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian Kabupaten Kudus, Danramil Jekulo, petani,  penyuluh serta mahasiswa.

Kepala Dinas Pertanian  dan Perkebunan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto mengucapkan terimakasih kepada Kementan yang telah memberikan bantuan benih benih padi super genjah. Benih ini sangat tepat karena sesuai dengan kebutuhan petan.

“Adanya benih bantuan ini, petani kami dapat meningkatkan indeks pertanaman, tentunya berdampak pada peningkatakan produksi atau stok beras. Dan hal ini juga sejalan dengan kebijakan Dinas Pertanian Kabupaten Kudus dalam upaya peningkatan indeks pertanaman di Kecamatan Sekulo,” ucap Catur.

Tri Susilarjo, mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah mengatakan lokasi panen padi kegiatan farm field day ini merupakan lahan persawahan yang sudah lama bero yakni hampir 15 tahun tidur. Akan tetapi dengan dukungan infrastruktur dan semangat petani bersama petugas lapangan, tiga tahun terakhir sudah bisa dibudidayakan walaupun satu tahun hanya satu kali tanam.

“Adanya bantuan benih padi super genjah dari Kementerian Pertanian, tentunya sangat membantu menambah masa tanam padi 2 sampai 3 kali setahun. Lahan pertanian menjadi sangat dioptimalkan, apalagi mengingat adanya ancaman perubahan iklim global,” katanya.

Terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi menegaskan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta jajarannya untuk tetap waspada di tengah krisis global. Melalui terobosan baru yakni inovasi dan teknologi pertanian khususnya pada aspek perbenihan, Indonesia harus mampu menyediakan pangan untuk kebutuhan dalam negeri secara mandiri. 

“Itu sebabnya, Kementan sebagaimana yang menjadi perintah Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, terus memacu peningkatan produksi pangan di berbagai daerah sebagai salah satu strategi menjaga ketersediaan bahan pangan. Kami mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan semua pihak baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang secara terus menerus mendorong peningkatan produksi dengan melakukan terobosan dan kebijakan yang tepat,” tegasnya.(My)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Pembukaan HANI CUP Soppeng 2024, Ketua KONI Soppeng Harap Jadi Wadah Pemberdayaan Potensi Olahraga Futsal

27 Juni 2024 - 12:34 WIB

Trending di Nasional