Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 27 Jun 2022 11:03 WIB ·

Harga Cabai Naik Mencapai 100.000 Per Kg


 Kenaikan harga Cabai.(Doc:Mysr) Perbesar

Kenaikan harga Cabai.(Doc:Mysr)

Aktivitasnusantara.Com-Kenaikan harga jual cabai di pasaran yak berdampak signifikan bagi ekonomi petani. Meskipun harga jual cabai saat ini mencapai Rp 85 ribu – Rp 100 ribu perkilogram, namun hal itu tidak bisa dinikmati oleh petani.

Meskipun harga naik, namun nyatanya terjadi penurunan produksi cabai akibat kondisi cuaca. Belum lagi ongkos produksi tinggi sebelumnya sudah dikeluarkan oleh petani.

Salah seorang petani cabai di Desa Tri Tunggal Bakti Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur, Samsir (34)  mengungkapkan salah satu penyebab mahalnya harga cabai, lantaran hasil produksi yang menurun.

Hal tersebut sering terjadi saat intensitas hujan tinggi. Tak hanya membuat turunnya hasil produksi. Cuaca ekstrem juga berpotensi membuat gagal panen.

“Saat musim panen. Karena cabai yang melimpah, harga cabai pernah sampai Rp 20 ribu per-Kg. Ini membuktikan kalau mahal atau tidak harga cabai tergantung banyak sedikit hasil panen,” ujar Samsir.

Selain karena faktor cuaca yang membuat penurunan hasil panen. Mahalnya harga pupuk yang kini hingga Rp 650 ribu per-karung ukuran 50 Kg. Menjadi alasan selangitnya harga cabai, tak terlalu membawa dampak ekonomi bagi petani.

“Meski harganya naik tapi produksi menurun. Lalu dibandingkan dengan harga pupuk yang selangit. Tak ada perubahan berarti,” pungkasnya. (Mysr)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Sefty Yuslina Ajak Insan Media Bukber di Hotel Tanjung Karang

1 April 2024 - 23:41 WIB

Ramai Beredar gambar odang Sefty Kito di grup whatsapp, Rahmad Widodo : PKS secara resmi belum menentukan sikap.

27 Maret 2024 - 16:43 WIB

Sumardi Dukung Penuh Gubernur Rohidin Lanjutkan Kepemimpinan

15 Maret 2024 - 15:33 WIB

Sumardi Ucapkan Terima Kasih Atas Dukungan Masyarakat Kota Bengkulu

15 Februari 2024 - 13:43 WIB

Gelar Reses di Betungan Rafflesia Asri, Sumardi Kombes Tampung Aspirasi Masyarakat

5 Februari 2024 - 13:45 WIB

Hari Terakhir Reses Sumardi, Warga Minta Bantuan Hibah Masjid dan Penataan Taman di Sidomulyo

5 Februari 2024 - 13:24 WIB

Trending di Bengkulu