Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Nasional · 28 Mar 2024 23:51 WIB ·

Fatwa Amalia Rahmawati, Cegah Kekerasan Seksual Lewat Pendidikan


 Fatwa Amalia R, salah satu guru SD di Kabupaten Gresik. (Doc:Tw07) Perbesar

Fatwa Amalia R, salah satu guru SD di Kabupaten Gresik. (Doc:Tw07)

Jakarta,Aktivitasnusantara.Com-Fatwa Amalia R, salah satu guru SD di Kabupaten Gresik yang berdedikasi untuk mencerdaskan anak-anak lewat pendidikan seksual.

Perempuan 24 tahun ini aktif mengajar, menjadi pembicara, menulis, dan berkarya sebagai ilustrator buku anak dan komik dengan fokus pada isu-isu perempuan dan anak.

Melihat maraknya kasus kekerasan seksual yang korban dan pelakunya adalah anak-anak, membuatnya aktif memberikan wawasan pencegahan kekerasan seksual kepada anak-anak.

Di awal 2024, ia mendirikan akun Instagram @komikperempuan sebagai media literasi digital dan edukasi seksual yang kreatif dan praktis.

“Edukasi seksual masih dianggap tabu. Oleh sebab itu perlu pendekatan yang menyenangkan. Saya pikir komik menjadi hal yang sulit untuk ditolak oleh semua kalangan, khususnya anak-anak. Selain komik, saya juga membuat lagu anak, dan konten edukatif lainnya di akun Instagram.” terang Fatwa.

Meskipun masih banyak yang menganggap tabu edukasi seksual pada anak, Fatwa tidak pantang menyerah. Ia terus berinovasi terutama di media sosial untuk menyampaikan materi kepada lebih banyak orang.

Sementara dalam kesehariannya sebagai guru dan seniman, Fatwa merasa bangga karena dapat membersamai anak-anak belajar dan berkembang dengan ruang yang setara. Ia juga senang bisa menuangkan passionnya dalam seni dan pendidikan.

“Memberantas kekerasan dan pelecehan seksual itu tidak mudah. Tapi kita bisa memulai dari diri kita. Di era arus media yang deras, pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang gender dan seksualitas perlu digalakkan. Jika tidak ada yang bergerak, siapa yang akan bertanggung jawab?” pungkasnya. (Tw12)

Artikel ini telah dibaca 45 kali

Baca Lainnya

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Pembukaan HANI CUP Soppeng 2024, Ketua KONI Soppeng Harap Jadi Wadah Pemberdayaan Potensi Olahraga Futsal

27 Juni 2024 - 12:34 WIB

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Berikut Penjelasan Ariyono Gumay, Terkait Laporan Rahmat Thamrin ke Bawaslu Provinsi

26 Juni 2024 - 15:18 WIB

Intip Keseharian Selebgram Romy Sinaga Yang Juga Seorang Guru Menginspirasi

25 Juni 2024 - 14:58 WIB

Trending di Nasional