Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 7 Sep 2022 12:54 WIB ·

Dinas Kesehatan Kaur Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat


 Senam Bersama Dinas Kesehatan Kaur.(Doc:Merzan) Perbesar

Senam Bersama Dinas Kesehatan Kaur.(Doc:Merzan)

Aktivitasnusantara.Com-Sebanyak kurang lebih 100 oran masyarakat Kecamatan Semidang Gumay menghadiri Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Mereka terdiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur, Camat dan Staf,  kepala desa, perangkat desa, dan masyarakat. 07/09/2022

Meningkatnya kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) menyebabkan tingginya kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan utamanya pelayanan di Puskesmas Mentiring, hal ini akan menambah beban pemerintah dan masyarakat, karena penanganannya membutuhkan biaya besar dan teknologi tinggi. Selain itu kematian dan kecacatan karena PTM menyebabkan hilangnya potensi SDM dan menurunnya produktifitas yang dapat mempengaruhi pembangunan sosial ekonomi.

Kegiatan promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit menular maupun tidak menular. Germas merupakan salah satu upaya promotif-preventif yang dilakukan melalui pendekatan multi sektor

Tujuan kampanye ini adalah mensosialisasikan Germas kepada masyarakat, dan mengadvokasi para pengambil kebijakan di tingkat Kabupaten, kecamatan, dan desa untuk mendukung pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam bentuk kebijakan/regulasi yang dikeluarkan.

Kapus Mentiring Lidya Wati, Amd. Keb,. SKM mengajak masyarakat Warga kecamatan Semidang Gumay untuk bersama-sama menerapkan Germas sebagai budaya kita agar sehat, bugar, produktif dan terhindar dari penyakit dengan melaksanakan : a) aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, b) mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, c) cek kesehatan secara berkala, d) diberikan ASI eksklusif pada bayi 0-6 bulan, e) enyahkan asap rokok, f) fungsikan jamban sehat.

Jenis kegiatan dalam kampanye yaitu : a) Senam bersama, b) makan buah dan sayur, dan c) pemeriksaan kesehatan meliputi : cek gula darah, kolesterol, asam urat. Ungkapnya Kepala Kapus Mentiring.

Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Noptitin Arianti, SKM melalui Kasi Promkes Rafika Dwi Syafitri, SKM sangat bersyukur atas keterlibatan semua pihak yang mendukung Percepatan ODF ini mengingat target Indonesia Bebas Buang Air Besar  Sembarangan (BABS) pada tahun 2022. Setelah dilaksanakan Sosialisasi, aparatur Desa dan Kader Kesehatan akan terjun kemasyarakat untuk pendataan Jamban dan memberikan Edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang salah satunya menggunakan Jamban Sehat.
( Marzan Ruslan)

Artikel ini telah dibaca 68 kali

Baca Lainnya

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Trending di Bengkulu