Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Bengkulu · 1 Nov 2022 16:03 WIB ·

Cabor Anggar Bangkit Kembali


 Ketua Pengprov IKASI Bangkulu Jonaidi. (Doc:Tr) Perbesar

Ketua Pengprov IKASI Bangkulu Jonaidi. (Doc:Tr)

Aktivitasnusantara.Com-Bengkulu – Meskipun olahraga (cabor) Anggar belum banyak dikenal masyarakat olahraga Bengkulu, tapi di kalangan anak remaja, olahraga satu ini mulai banyak digandrungi. Yang ikut menggeluti olahraga yang satu ini, mayoritas usia 12 tahun ke atas dan remaja. Cabor anggar Bengkuku kali terakhir tampil di Pekan Olahraga Nasiinal (PON(, tahun 1996, di Jakarta.

Bahkan sejak setahun terakhir, olahraga anggar telah mengirim wakilnya ke panggung nasional. Seperti kirim sejumlah tenaga wasit guna mengikuti penataran wasit. Pada tanggal 26 Oktober kemarin, menerjunkan delapan atlet terbaiknya pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonsia (Pengprov IKASI) Bengkulu, Jonaidi, SP, kepada media ini, Senin (1/10/22), sejak setahun terakhir, olahraga anggar mulai bangkit lagi. “Sejumlah agenda nasional diikuti. Kirim sejumlah wasit untuk ikut penatran wasit nasional dan mengirim atlet ke Kejurnas.

“Akhir Oktober kemarin kita ikut Kejurnas. Ada delapan atlet kita kirim ke panggung begengsi itu. Meskipun belum bisa mencetak prestasi, ini membuktikan kalau olahraga anggar di Bengkulu ini kembali bangkit,” jelas anggota DPRD Provinsi Bengkulu ini.

Lanjutnya, dia sudah menyusun program ke depannya, olahraga anggar ini akan disosialisasikan terus kepada masyarakat. Agar banyak melahirkan atlet anggar potensial. Pasalnya untuk cabor perorangan kansnya lebih besar sumbang medali di setiap event ketimbang cabor permainan.

“Maka Pengprov IKASI program kedepan akan upayakan anggar bisa masuk jadi mata pelajaran tambahan pada setiap sekolah. Tentunya usaha ini butuh kerja serius. Yakni disosialisasikan dulu ke sekolah-sekolah,” jelas Jonaidi dengan nada optimis.

Untuk menunjang supaya cabor anggar bisa berprestasi sejajar dengan cabor lainnya, pihaknya sudah menyediakan prasarana untuk menunjang latihan para atlet. Mulai dari peralatan sabel (pedang), baju tanding, sampai venu latihan. “Anggaran untuk itu memang sudah dusediakan,” imbuh Jonaidi.

Sementara itu Sekum Pengprov IKASI Bengkulu, Golten Harnedi, S.Hut, didampingi pelatih King Dedes, S.Pd, menjelaskan pada Kejurnas Anggar yang dipentas
Di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, 26 Oktiber – 3 November 2022 itu Bengkulu menerjunkan 8 atlet pria/wanita. “Tapi belum bisa dapat meraih medali. Tapi anak-anak sudah tampil maksimal,” katanya.

Dalam perhelatan nasional itu, Bengkulu ikut pada kelas Degen kadet putra 1 orang atas nama Muhammad Fathurrahman Alfa. Dan kelas Degen kadet putri 3 orang. Yakni Nadhirah Athiyah Angeni, Tathia Aulia Putri, Nurul Sa’adah Rahmadani.

Selanjutnya kelas Degen junior putra sebanyak 2 orang. Yakni
Diven Dwi Putra Anugrah, Beno Ariel Maulana. Kelas Degen senior putra 1 orang. Yakni M. Fiqih, dan kelas Floret Kadet Putri 1 orang, Reva Marizka Audri.(Tr)

Artikel ini telah dibaca 115 kali

Baca Lainnya

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Pembukaan HANI CUP Soppeng 2024, Ketua KONI Soppeng Harap Jadi Wadah Pemberdayaan Potensi Olahraga Futsal

27 Juni 2024 - 12:34 WIB

Trending di Nasional