Menu

Mode Gelap
Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun Bela Gubernur DKI, Waket DPD RI Sebut UMP DKI Adil dan Proporsional

Artikel · 13 Jun 2022 04:02 WIB ·

Berikut Cara Mengupas Kelapa Muda Yang Paling Mudah


 Ilustrasi Kelapa Muda Perbesar

Ilustrasi Kelapa Muda

Aktivitasnusantar.Com– Pertama-tama, mari membahas bagaimana cara mengupas kelapa muda. Tentunya ini akan berbeda jika kamu punyanya kelapa tua (akan dijelaskan di bawah bagaimana cara membukanya). Air kelapa muda rasanya lebih segar dari kelapa tua.Biasanya kelapa muda suka langsung diminum dan dikeruk dagingnya untuk dimakan.

karena dagingnya juga jauh lebih lembut (walaupun lebih sedikit) dibandingkan kelapa tua.Tapi, air dan daging kelapa muda bisa diolah lagi menjadi aneka makanan dan minuman lainnya seperti kuah bakso, klappertaart, yogurt, dan lainnya.

Inilah urutan bagaimana cara mengupas kelapa muda yang paling mudah

Sebelum itu, tentu kamu harus sudah menyiapkan alatnya. Kalau tidak takut, kamu bisa pakai bedog/golok. Tapi, sebenarnya pisau besar juga bisa digunakan untuk hal ini, kok, asal itu tajam. Psst, kamu juga bisa menggunakan serrated knife (pisau bergerigi).

1. Kupas Bagian Atas Kelapa

Dengan pisau pilihanmu, papas habis kulit di bagian atas kelapa sampai pisau bertemu dengan cangkang kelapa. Cara memapas kulitnya mungkin akan lebih mudah jika kamu mengayunkan pisaunya agak tinggi, tapi hati-hati dengan tangan kamu yang satu lagi yang sedang dipakai memegang kelapa.

2. Buka Batok Bagian Atasnya Saja

Ini lah gunanya pisau bergerigi. Kalau sudah kelihatan puncak batoknya, ‘gergaji’ dengan pisau bergerigi dengan cara memutar, membentuk bulat sempurna. Kamu juga bisa menggoloknya jika sudah terbiasa. Tapi, berhati-hati ketika mengayunkan goloknya.

Siapkan juga gelas atau alas lainnya untuk menuangkan air kelapa, karena biasanya air kelapa suka sedikit tumpah-tumpah saat baru dibuka.Lanjutkan memotong cangkang kelapa bagian ujungnya saja yang tadi sudah digerigi.

Tidak perlu buat lubang yang besar jika kamu mau meminum airnya saja.

Asal bisa tembus sedotan sudah cukup. Tapi, kalau kamu mau mengorek dagingnya juga, bukalah agak lebar seperti ilustrasi di atas.Jika sudah terasa ada yang empuk-empuk (itu daging kelapa), cungkil batok kelapa menggunakan pisau mentega, karena lebih aman dan lebih mudah digunakan daripada kalau kamu pakai pisau besar.

Sebagian besar kelapa memiliki area di mana cangkangnya agak lebih tipis di satu sisi. Carilah! Setelah ketemu, letakkan ujung pisau mentega di area yang cangkang kelapanya lebih lembut. Tekan gagang pisau hingga menusuk, lalu cungkil.

3. Belah Dua untuk Ambil Dagingnya

Jika kamu tidak membuka ujung cangkang kelapa terlalu besar, pasti kamu akan kesulitan untuk mengeruk dagingnya. jadi belah saja kelapa jadi dua dengan catatan airnya sudah habis kamu minum atau sudah dipindahkan. Caranya sangat mudah, tinggal golok saja bagian tengah kelapa yang sudah terbuka tadi.

Nanti dia akan retak dan tinggal kamu belah saja menggunakan tangan. Beres! itulah tahap bagaimana cara mengupas kelapa muda yang paling mudah.sekarang saya akan memberikan 4 cara bagaimana memilih kelapa muda yang bagus dan juga segar.langsung aja kita ke pembahasan nya.

4 Cara Memilih Kelapa Muda yang Bagus dan Juga Segar

Siang hari yang panas tenggorokan jadi terasa kering dan haus. Minum air kelapa muda langsung dari batoknya bisa membuat tenggorokan jadi segar. Untuk memperoleh kelapa muda tidak sesulit saat mencari kelapa hijau.

Kunjungi saja pedagang kelapa untuk membeli kelapa hijau.

Namun, ternyata ada trik dan cara memilih kelapa muda yang bagus dan segar, namun Hati-hati dalam membeli kelapa muda. Pasalnya, jika kelapa terlalu tua atau terlalu muda, kandungan air di dalamnya jadi lebih sedikit.

Padahal yang membuat kelapa muda banyak diminati adalah airnya yang terasa segar dan manis alami.Nah,aku punya tips dan cara memilih kelapa muda yang bagus supaya Anda mendapatkan kelapa muda yang pas, alias tidak terlalu tua atau terlalu muda.

1. Perhatikan Kulit Kelapanya

Yang namanya kelapa muda sudah pasti kulitnya masih berwarna hijau muda. Jika Anda memilih kelapa yang kulitnya terlalu coklat, dapat dipastikan bahwa itu adalah kelapa yang sudah tua. Perhatikan juga serat kelapanya karena kelapa muda yang memiliki serat kulit berwarna coklat.

itu tandanya kelapa sudah mengalami pematangan yang cukup di atas pohon.Jadi, jika ada kelapa muda berwarna hijau muda dan sedikit serat kulit berwarna coklat, kemungkinan besar kelapa tersebut merupakan kelapa muda yang segar dan bagus untuk dikonsumsi.

2. Lingkaran Di Ujung Batok

Ketika sedang mencermati kelapa-kelapa yang hendak dibeli, jangan lupa untuk memeriksa ujung batoknya. Di ujung batok biasanya terdapat lingkaran yang bisa menandakan bahwa kelapa tersebut masih muda atau sudah terlalu tua. Kelapa muda memiliki lingkaran yang tidak terlalu lebar.

Sebaliknya, kelapa yang sudah terlalu matang atau sudah tua maka lingkarannya akan sangat lebar.

3. Guncangkan Kelapa

Cara memilih kelapa muda yang bagus dan paling sering digunakan adalah mengguncang kelapa untuk mengira-ngira seberapa banyak isi air di dalamnya. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kelapa muda memiliki kandungan air yang lebih banyak dibanding kelapa tua.

Jadi, ketika kelapa diguncang-guncangkan, dekatkan telinga Anda pada kelapa tersebut. Jika terdengar suara kocokan air di dalamnya, itu artinya kelapa masih sangat segar. Sementara itu, jika tidak terdengar bunyi apa-apa dari dalam kelapa atau suara kocokan air terdengar lemah (airnya sedikit).

jangan beli kelapa tersebut karena itu adalah kelapa tua.

4. Tepuk-tepuk Kelapa

Setelah mendengarkan suara kocokan air di dalam kelapa, jangan lupa untuk menepuk-nepuk batok kelapa. Ini adalah cara memilih kelapa muda yang bagus melalui getaran yang terasa saat Anda menepuk kelapa tersebut. Apabila Anda merasakan getaran di dalam kelapa.

dapat dipastikan bahwa kelapa tersebut mengandung daging yang seperti lendir, dengan kata lain dagingnya masih sangat tipis dan mudah disendok.Sementara itu, jika saat ditepuk getaran di dalam kelapa tidak terlalu terasa, maka daging kelapa sudah agak tebal dan butuh tenaga untuk menyendok daging kelapa tersebut.

Kelapa dengan daging yang terlalu tebal adalah kelapa tua. Ketika membeli kelapa, sebaiknya Anda memilih langsung kelapa tersebut untuk menghindari oknum pedagang yang tidak jujur.Pasalnya, jika Anda terlalu awam dalam memilih kelapa dan memasrahkan pemilihan kelapa muda pada pedagang.

Anda tidak akan tahu jika kelapa yang dipilihkan adalah kelapa yang sudah agak tua dan kandungan air di dalamnya sudah tidak terlalu banyak. Dengan cara-cara di atas, Anda bisa memilih kelapa muda yang bagus dan segar tanpa bantuan pedagang.

itu 4 cara memilih kelapa muda yang bagus dan juga segar.sekarang saya akan memberikan manfaat minum air kelapa muda langsung aja ya. (Tri)

Artikel ini telah dibaca 426 kali

Baca Lainnya

Simak Kisah Yudica Varalea Elvana Perempuan Inspiratif Indonesia

24 November 2023 - 18:32 WIB

Intip Potret Ida Trianah Modeling Cantik Asal Pemalang Jawa Tengah

27 September 2023 - 01:57 WIB

Bang Isur Hadiri Undangan Youtube Gaming Night Bersama Gamers Populer Indonesia

25 September 2023 - 17:42 WIB

Intip Potret Arif Setya Sukses Wakili Desanya Ikuti Lomba di Kecamatan Banyu Putih Jateng

15 September 2023 - 14:19 WIB

Ma’arif Magic Kreator dari Indonesia yang Sukses dan Kreatif “Konten Kerap di Beli Pihak Luar Negeri”

10 September 2023 - 19:23 WIB

Food Vloger Cantik Dari Jakarta Juga Dukung UMKM, Angelia Wiraputra Yok Intip Potretnya

1 September 2023 - 11:54 WIB

Trending di Literasi & Opini