Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Advertorial · 18 Nov 2022 17:21 WIB ·

Begini Penjelasan Kepala Poli Anak dan Remaja “Pengingnya Edukasi Orang Tua Kepada ABK”


 Rita Doveriyanti,SST,M.Kes Kepala Poli Anak dan Remaja (arema) RSKJ Soeprapto Bengkulu.(Doc:Adv) Perbesar

Rita Doveriyanti,SST,M.Kes Kepala Poli Anak dan Remaja (arema) RSKJ Soeprapto Bengkulu.(Doc:Adv)

Aktivitasnusantara.Com- orang tua menghendaki kehadiran seorang anak. Anak yang diharapkan oleh orangtua adalah anak yang sempurna tanpa memiliki kekurangan.

Pada kenyataannya, tidak ada satupun manusia yang tidak 41 memiliki kekurangan. Manusia tidak ada yang sama satu dengan lainnya. Seperti apapun keadaannya, manusia diciptakan unik oleh Sang Maha Pencipta. 18/11/2022

Setiap orang tidak ingin dilahirkan di dunia ini dengan menyandang kelainan maupun memiliki kecacatan. Orang tua juga tidak ada yang menghendaki kelahiran anaknya menyandang kecacatan.

Kelahiran seorang anak berkebutuhan khusus tidak mengenal berasal dari keluarga kaya, keluarga berpendidikan, keluarga miskin, keluarga yang taat beragama atau tidak. Orangtua tidak
mampu menolak kehadiran anak berkebutuhan khusus. Sebagai manusia, anak berkebutuhan khusus memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang di tengah-tengah keluarga, masyarakat dan bangsa. Ia memiliki hak untuk sekolah sama seperti saudara lainnya yang tidak memiliki kelainan atau normal.

Anak berkebutuhan khusus adalah anak
yang memerlukan penanganan khusus karena adanya gangguan perkembangan dan kelainan yang dialami anak. Berkaitan dengan istilah disability, maka anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki keterbatasan di salah satu atau beberapa kemampuan baik itu bersifat fisik seperti tunanetra dan tunarungu, maupun bersifat psikologis seperti autisme dan ADHD.

Difinisi Autis yaitu Suatu Kelainan Perilaku
anak yang terjadi sebelum usia 3 tahun dengan gejala diantaranya Gangguan Sosialisasi, Gangguan Komunikasi, dan adanya Perilaku autis. Penyebab autis sendiri adalah Akibat dari kerusakan pada tiga bagian otak.


“Jangan Sekali kali mempersalahkan anakautis atas perilaku nya yang sangan Nakal,” kata Rita Doveriyanti,SST,M.Kes.Lebih lanjut, Rita mengatakan, gejala autis diantaranya yaitu pertama, gangguan sosialisasi seperti kontak mata tidak ada atau sedikit, tidak bisa bermain dengan teman sebaya, tidak ada interaksi sosial dan emosional dengan orang lain, tidak memngerti dengan perasaan orang lain. Kedua, gangguan komunikasi meliputi, tidak bisa bicara atau bicara lambat, bicara tidak dipakai untuk komunikasi, bahasa aneh yang di ulang ulang, cara bermain kurang variatif dan imajinatif dan sulit menirukan.

“Bila gejalan timbul sebelum usia 3 tahun
dipastikan autis, bila timbul gejala setelah usia 3 tahun artinya bukan autis walaupun gejala sama,” jelas Rita. Lanjut Rita, ada metode yang bernama metode ABA (Applied Behavior Analysis) yaitu suatu metode terapan mendidik secara One on One yang sekaligus menganalisa perilaku anak.

Perilaku defesit yaitu perilaku normal yang seharusnya ada pada anak seusianya tetapi tidak ada dan perilaku eksesif yaitu perilaku yang tidak wajar yang seharusnya tidak ada pada anak seusianya.

“Prinsip metode ABA yaitu tegas tidak keras,
hangat, tegas tapi lembut, imbalan yang efektif, kualitas suara singkat jelas tegas tuntas sama, emosi terapis netral,” tambah Rita.

Disampaikan Rita, deteksi dini diantaranya usia kurang 2 tahun (kontak mata kurang atau tidak ada, tidak kaget suara. Usia lebih dari 2 tahun (lambat bicara usia 18 bulan, kontak mata tidak bisa atau kurang, cuek bila di panggil). Jika tanda-tanda itu sudah ada segera konsultasikan, jangan malu dan menunda nunda,” pungkasnya.(adv)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)

Sumardi Kombes Sampaikan Ini, Untuk RSUD M Yunus!!

27 Juni 2024 - 09:09 WIB

Trending di Bengkulu