Menu

Mode Gelap
Afina Ramadhanah Anak Berprestasi Asal Makassar Soppeng Ketua DPD RI Sebut Ormas Penting Sebagai Penghubung Aspirasi Publik Gubernur Dinilai Tidak Serius Tanggapi Perihal Musorprov KONI Di Hadapan Wakil Bupati Se-Bengkulu, Sultan Minta Eksekutif Tidak Baper Jika Diawasi Proyek PGE Hulu Lais Habiskan Anggaran Rp 3,5 Triliun

Artikel · 7 Nov 2022 11:16 WIB ·

10 Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan


					Lidah Buaya.(Doc:My) Perbesar

Lidah Buaya.(Doc:My)

Aktivitasnusnatara.Com-Simak ragam Manfaat dan Khasiat Lidah buaya untuk Kesehatan. Lidah buaya alias aloe vera sudah sejak lama dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Tanaman ini sudah terbukti khasiatnya, tidak hanya secara tradisional tapi juga ilmiah.

Berikut ini manfaat lidah buaya yang baik untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan rongga mulut

Pasta gigi dan obat kumur yang mengandung lidah buaya dapat membantu mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Selain itu, penggunaan produk kebersihan rongga mulut yang mengandung lidah buaya, juga dapat mencegah infeksi jamur di rongga mulut, serta radang gusi.

2. Mengatasi gejala GERD

Manfaat lidah buaya untuk penyakit lambung seperti GERD bisa didapatkan dengan cara mengolahnya sebagai jus. Jus lidah buaya dapat membantu meredakan gejala GERD seperti mual, sendawa, serta nyeri ulu hati. Untuk mengolah lidah buaya sebagai jus, cukup kupas dan cuci lidah buaya sampai lendir kuningnya keluar kemudian blender halus dengan air. Tambahkan madu dan aduk hingga merata sampai siap untuk diminum. Perlu diingat bahwa jangan sampai mengonsumsi lidah buaya secara berlebihan dan tetap berhati-hati terhadap efek yang mungkin ditimbulkannya.

3. Membantu menurunkan kadar gula darah

Penggunaan lidah buaya untuk diabetes ternyata juga sudah banyak dilakukan. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jus lidah buaya (Aloe vera) sebanyak dua sendok makan setiap hari selama dua minggu membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.
Penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa dengan pola konsumsi yang sama, kadar trigliserida dalam darah dapat diturunkan.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Lidah buaya dapat memiliki kandungan laksatif sehingga bisa melancarkan pencernaan
Anda bisa menjadikan lisah buaya sebagai jus untuk membantu melancarkan pencernaan. Sebab, bagian luar lisah buaya mengandung antrakuinon yang memiliki efek pencahar. Meski demikian, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak, serta tetap berhati-hati saat membersihkan dan mengolahnya.

5. Membantu penyembuhan luka bakar

Manfaat lisah buaya untuk luka bakar adalah salah satu yang paling populer. Lidah buaya disebutkan dapat digunakan sebagai obat oles pada luka bakar derajat satu dan derajat dua. Penyembuhan luka bakar menggunakan gel lidah buaya dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka pada jaringan kulit dan membantu proses regenerasi kulit.

6. Sebagai sumber vitamin C

Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin ini baik untuk kesehatan karena dapat berperan sebagai antioksidan dan membantu melawan inflamasi atau peradangan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dalam  lidah buaya juga bisa melawan efek radikal bebas sehingga kulit dan tubuh akan tetap sehat.

7. Mengurangi peradangan di gusi

Kandungan antibakteri di lidah buaya dapat mengurangi radang di gusi Jus lidah buaya dipercaya bermanfaat untuk meredakan peradangan yang terjadi di gusi. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan gusi ini berasal dari kandungan antimikroba dan antibakterinya yang terdapat di dalamnya.

8. Mencegah terbentuknya ulkus di lambung

Kandungan vitamin C dan antiradang dalam lidah buaya, membantu mencegah terbentuknya ulkus atau perlukaan di lambung. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk asam lambung ini, Anda dapat mengonsumsi Aloe vera dalam bentuk jus.

9. Meredakan sariawan

Mengoleskan lidah buaya pada sariawan dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhannya. Pasalnya, lidah buaya bisa membantu meredakan iritasi sekaligus mengurangi nyeri dan radang pada bagian rongga mulut yang menglamai sariawan, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya  pada bagian rongga mulut seperti lidah, pipi bagian dalam, gusi, hingga bibir yang terkena sariawan secara langsung. Ini juga termasuk sebagai salah satu manfaat lidah buaya untuk bibir yang paling umum didapatkan.

10. Mengobati jerawat

Lidah buaya bisa mengobati jerawat yang meradang

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah yang sudah banyak diketahui adalah sebagai obat alami jerawat. Manfaat lidah buaya untuk jerawat didapatkan dari sifat anti-inflamasi alias antiradang yang dimilikinya sehingga mampu meredakan kemerahan, nyeri, dan bengkak di area tumbuhnya jerawat. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya  ke kulit yang berjerawat. Cara mengoleskan lidah buaya yaitu dengan menggunakan cotton bud sebanyak tiga kali sehari.

Kandungan Lidah Buaya

Dilansir dari gramedia.com, berdasarkan beberapa penelitian menyatakan bahwa tanaman lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak kandungan, seperti mineral, vitamin, enzim, asam amino, mineral, dan kandungan-kandungan lainnya. Berikut beberapa kandungan yang ada di lidah buaya.

1. Kandungan Cairan

Tanaman lidah buaya ini mempunyai dua jenis cairan, pertama, cairan bening seperti gel dan kedua, cairan berwarna kekuningan yang di dalamnya terkancung aloin.

a. Cairan Bening (Gel atau Lendir Lidah Buaya)

Cairan bening yang ada di lidah buaya bisa didapatkan dengan cara membelah bagian daunnya. Gel lidah buaya dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, luka, eksim, mempercepat tingkat penyembuhan, dan memberikan lapisan pelindung pada bagian tubuh yang rusak.

Selain itu, gel lidah buaya juga mengandung zat antibakteri dan antijamur yang dapat menstimulasi fibroblas, yaitu sel-sel kulit yang berfungsi untuk menyembuhkan luka.

b. Cairan Berwarna Kekuningan

Cairan dengan warna kekuningan biasanya dikenal dengan sebutan eksudat. Eksudat adalah getah yang keluar ketika daun lidah buaya dipotong. Cairan ini berbentuk kental dan rasanya pahit. Eksudat berada di pangkal daun atau pelepah serta mengandung aloin. Aloin mempunyai fungsi sebagai bahan laksatif atau pencahar.

2. Zat-Zat yang Ada di Lidah Buaya

Beberapa penelitian menyatakan bahwa unsur cairan yang ada di lidah buayaadalah aloin, emodin, resin, gum, dan unsur lain seperti minyak atsiri. Bukan hanya itu, lidah buaya juga mengandung banyak vitamin A, B1, B2, B12, C, dan E.

Sedangkan enzim yang terkandung dalam lidah buaya, seperti amilase, catalase, cellulase, carboxypeptidase, carpoxyhelclase, dan bradykinase yang berfungsi sebagai penyeimbang kerja zat gizi lainnya.

Lidah buaya juga mengandung beberapa asam amino, seperti arginin, asparagine, asam aspartat, serin, glutamine, treonin, isin, urosim, phenylalanine, prelin, histidine, leusin, dan isoleusin. Asam amino itu sendiri dapat berfungsi sebagai pembangun sel-sel dan jaringan tubuh.

Dalam lidah buaya juga terkandung sekumpulan mineral makro dan mikro yang diperlukan untuk tubuh, seperti kalsium, magnesium, polassium, sodium, besi, seng, dan kromonium.

Hasil kandungan vitamin dan nutrisi yang ditemukan dalam 100 gram lidah buaya adalah sebagai berikut.

Kandungan vitamin B1 sebanyak 0,01 miligram

Kandungan zat besi sebanyak 0,8 milligram

Kandungan fosfor sebanyak 186 miligram

Kandungan kalsium sebanyak 85 miligram

Kandungan karbohidrat sebanyak 0,2 milligram

Kandungan karbohidrat sebanyak 0,4 gram

Kandungan protein sebanyak 0,1 gram

Kandungan lemak sebanyak 0,2 gram

Kandungan energi sebanyak 4 kilokalori

Intensif Budidaya Lidah Buaya : SPM

Intensif Budidaya Lidah Buaya : SPM
tombol beli buku

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman herbal yang cukup mudah untuk dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini sangat mudah didapatkan, baik itu ditanam di dalam rumah sebagai hiasan maupun ditanam di pekarangan rumah yang luas.(My)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Masalah Honorer dan KJP, Heru Budi Dibela Jaringan Pemuda Jakarta

21 Juli 2024 - 20:12 WIB

Pengusaha Undang Sumbaga, Sampaikan Rohidin-Meri Kandidat Kuat Dan Layak Pimpin Bengkulu

19 Juli 2024 - 12:14 WIB

Ambil Berkas di PKB, Tim Rohidin Optimis PKB Bengkulu Membersamai Perjuangan Pilkada

16 Juli 2024 - 16:40 WIB

Gebrakan Kuliner di Tangerang! Lubuak Idai Raya Resmi Dibuka, Sajikan Masakan Padang yang Bikin Ketagihan!

13 Juli 2024 - 04:44 WIB

Dapat Dukungan masyarakat,Pasangan Bakal Calon Bupati Lebong Romio Parnandes Dan Wilyan Bachtiar, Akan Deklarasi Bulan Ini!!

3 Juli 2024 - 11:39 WIB

Mahasiswa Kesos Unib dan Lazisnu Lakukan Mitigasi Bencana Lansia

27 Juni 2024 - 18:30 WIB

Para lansia sedang mendengarkan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana (foto:Himaks)
Trending di Bengkulu